Minggu, 06 Juli 2008

Sejarah GKJ WPM

Gereja Kristen Jawa Wisma Panunggal Mrican Semarang (GKJ WPM) adalah gereja yang lahir dari sebuah gereja yang bernama : Gereja Kristen Jawa (GKJ) Semarang Timur, yang beralamatkan di jalan Dr. Cipto No. 25 Semarang. Mandirinya GKJ Semarang Timur dengan GKJ WPM tersebut tidak lain disebabkan oleh semakin bertumbuhnya gereja ditandai dengan bertambahnya anggota gereja dari waktu ke waktu. Disamping itu wilayah pelayanan secara geografis cukup luas sehingga pelayanan dan penggembalaan kepada warga jemaat menjadi tidak efektif dan merata. Maka tepatnya tanggal 1 Desember 1977 pada suatu kebaktian khusus dinyatakan lahir sebuah gereja yang dinamakan GKJ Wisma Panunggal Mrican.

Pembinaan maupun bimbingan untuk hidup berjemaat secara langsung dilakukan oleh Deputat Klasis, yaitu dengan mengadakan perkunjungan sebanyak 2 (dua) kali kepada Majelis Gereja. Kunjungan Deputat Klasis ini diwakili oleh Seksi Visitasi dan Pembinaan Warga Gereja pada tanggal 21 Juni 1977 dan 15 November 1977, dengan anggotanya sebagai berikut :
a. Ds. Susilo Darmowigoto (Alm) dari GKJ Salatiga.
b. Ds. Sulaksono Kusumowarsito (Alm) dari GKJ Semarang Barat.
c. Ds. Isman dari GKJ Karangayu Semarang.

Setelah diamati bahwa segala sesuatu persiapannya dinyatakan cukup, maka pada tanggal 1 Desember 1977 GKJ Semarang Timur dinya
takan dibiakkan menjadi 2 (dua) Jemaat yang masing-masing berdiri sendiri, yaitu :
1. GKJ Semarang Timur dengan alamat Sekretariat/Gereja Jl. Dr. Cipto No. 25 Semarang dan Pendeta yang melayani adalah Ds. R.S. Hardjo Bramoro. Adapun tempat-tempat ibadahnya meliputi : Gereja Mlaten, Gereja Kabluk, Gereja Genuk, Gereja Komsiko I dan Gereja Sambirejo.
2. GKJ Wisma Panunggal Mrican dengan alamat Sekretariat/Gereja Jl. Mrican (sekarang Jl. Tentara Pelajar) No. 53 Semarang dan Pendeta yang melayani adalah Ds. Sri Handoyo, S.Th. Adapun tempat-tempat ibadahnya meliputi : Gereja Mrican, Gereja Karang Anyar Gunung, dan Gereja Kertanegara.

>> profile Pendeta GKJ WPM

Tidak ada komentar: